10 Cara Membuat RAB Bangunan, Wajib Tahu Nih!

cara membuat RAB bangunan
6 December 2023

Dalam proses pembangunan rumah atau ruko, persiapannya melibatkan langkah-langkah kompleks. Mulai dari pemilihan material bangunan, pengaturan pekerja proyek, hingga penyusunan Rancangan Anggaran Biaya (RAB). 

Menguasai cara membuat RAB bangunan menjadi kunci utama untuk memastikan perencanaan keuangan yang akurat dan efisien. Jadi, jangan lewatkan langkah penting ini agar proyek pembangunan Anda berjalan lancar dan sesuai dengan ekspektasi!

Apa Itu RAB Bangunan?

RAB Bangunan merupakan singkatan dari Rencana Anggaran Biaya Bangunan. Ini adalah dokumen yang menyusun perkiraan biaya untuk proyek konstruksi atau pembangunan bangunan. 

RAB mencakup estimasi biaya untuk semua pekerjaan, bahan, dan layanan yang diperlukan selama proses konstruksi. Dokumen ini membantu pemilik proyek, kontraktor, dan pihak terkait dalam perencanaan keuangan, pengendalian biaya, dan pengawasan pelaksanaan proyek. 

RAB Bangunan merupakan panduan penting untuk memastikan bahwa proyek berjalan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Fungsi Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan

  • Perencanaan Anggaran: Detail biaya bahan, tenaga kerja, izin, dan biaya lainnya untuk merencanakan keuangan proyek secara akurat.
  • Basis Penawaran: Menjadi dasar untuk proses tender, memastikan keadilan dan transparansi dalam penawaran kontraktor.
  • Evaluasi Biaya dan Efisiensi: Memungkinkan evaluasi biaya dan identifikasi area efisiensi untuk optimalisasi tanpa mengorbankan kualitas.
  • Kendali Biaya: Menjadi alat kendali biaya selama proyek, memantau penyimpangan dan memungkinkan tindakan korektif.
  • Dasar Perbandingan: Menyediakan dasar perbandingan antara perkiraan biaya awal dan aktual selama pelaksanaan proyek.

Berapa Biaya Membuat RAB Bangunan?

Biaya untuk membuat RAB bangunan dapat bervariasi, tergantung pada skala dan kompleksitas proyek. Untuk proyek kecil, biayanya mungkin berkisar antara beberapa ratus ribu hingga beberapa juta rupiah, tergantung pada tingkat detail yang diinginkan. 

Namun, proyek yang lebih besar dan kompleks dapat memerlukan analisis yang lebih mendalam, dengan biaya pembuatan RAB bisa mencapai puluhan juta rupiah atau lebih. 

Jika Sahabat Mitra10 mencari cara membuat RAB bangunan yang efektif, konsultasikan dengan profesional perencana atau manajemen proyek untuk panduan yang lebih tepat sesuai kebutuhan proyek Anda.

Berapa Lama Durasi Pengerjaan RAB?

Durasi cara membuat RAB bangunan dapat bervariasi tergantung pada ukuran, kompleksitas, dan jenis proyek konstruksi. Secara umum, penyusunan RAB biasanya memerlukan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada kompleksitas proyek. 

Cara Membuat RAB Bangunan

Cara membuat RAB bangunan

Sumber: Smsperkasa.com

Cara membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) bangunan melibatkan beberapa langkah penting untuk memastikan estimasi biaya yang akurat dan rinci. Berikut adalah panduan umum:

1. Identifikasi Lingkup Proyek

Tentukan ruang lingkup proyek secara jelas, termasuk pekerjaan konstruksi, bahan, dan layanan yang dibutuhkan.

Untuk memulai cara membuat RAB bangunan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi secara rinci ruang lingkup proyek. Ini melibatkan:

  • Pekerjaan Konstruksi: Jelaskan jenis pekerjaan konstruksi yang akan dilakukan, seperti pemasangan struktur, pengecatan, atau instalasi peralatan.
  • Bahan: Tentukan bahan yang diperlukan untuk setiap tahap proyek, termasuk jumlah dan spesifikasinya.
  • Layanan: Identifikasi layanan tambahan yang mungkin diperlukan, seperti jasa arsitek atau insinyur sipil.

Dengan mendefinisikan dengan jelas ruang lingkup proyek, Anda dapat memastikan bahwa RAB mencakup semua aspek yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan konstruksi.

2. Hitung Volume dan Kuantitas

Langkah kedua dalam cara membuat RAB bangunan adalah dengan melakukan pengukuran dan perhitungan yang teliti terhadap volume dan kuantitas bahan serta pekerjaan yang diperlukan. 

3. Perkiraan Harga Bahan dan Jasa

Dalam cara membuat RAB bangunan, langkah ketiga adalah memperoleh perkiraan harga bahan dan jasa. Lakukan hal berikut:

  • Harga Bahan: Dapatkan harga aktual atau estimasi harga untuk setiap jenis bahan yang diperlukan dalam proyek konstruksi.
  • Pekerjaan dan Jasa: Peroleh perkiraan harga untuk pekerjaan dan jasa tambahan, seperti biaya tukang atau biaya layanan profesional.

Dengan mendapatkan perkiraan harga yang akurat, Anda dapat menyusun RAB yang lebih tepat dan sesuai dengan anggaran proyek.

4. Hitung Upah Tenaga Kerja

Dalam cara membuat RAB bangunan, langkah keempat melibatkan perhitungan biaya tenaga kerja. Lakukan hal berikut:

  • Upah Harian atau Jam: Tentukan upah tenaga kerja berdasarkan pekerjaan yang dilakukan, baik per jam atau per hari, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Insentif atau Bonus: Jika diperlukan, tambahkan insentif atau bonus sebagai bagian dari biaya tenaga kerja, tergantung pada kebijakan dan kesepakatan yang ada.

Dengan menghitung biaya tenaga kerja dengan cermat, Anda dapat memastikan bahwa anggaran proyek mencakup gaji para pekerja secara akurat.

5. Tambahkan Overhead dan Keuntungan

Dalam cara membuat RAB bangunan, langkah kelima adalah menambahkan biaya overhead dan keuntungan. Dengan menyertakan overhead dan keuntungan, RAB akan mencakup semua elemen biaya yang terkait dengan pelaksanaan proyek konstruksi secara menyeluruh.

6. Perhitungan Pajak dan PPN

Dalam cara membuat RAB bangunan, langkah keenam adalah melakukan perhitungan pajak dan PPN. Berikut tindakan yang perlu diambil:

  • Pajak: Tentukan apakah proyek tersebut dikenakan pajak tertentu, seperti pajak pertambahan nilai (PPN) atau pajak lainnya.
  • PPN: Perhitungkan jumlah PPN yang mungkin berlaku pada barang atau jasa yang terlibat dalam proyek konstruksi.

Dengan memperhitungkan pajak dan PPN, RAB akan mencerminkan estimasi biaya yang komprehensif dan sesuai dengan regulasi pajak yang berlaku

7. Dokumentasikan RAB

Langkah ketujuh dalam cara membuat RAB bangunan adalah dokumentasi. Susun RAB dalam dokumen terstruktur dengan memperinci setiap item, termasuk satuan, harga, dan total biaya.

8. Periksa dan Validasi

Dalam cara membuat RAB bangunan, langkah kedelapan adalah melakukan pemeriksaan dan validasi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pemeriksaan Kelengkapan: Periksa kembali setiap detail RAB untuk memastikan tidak ada item yang terlewat. Pastikan semua pekerjaan, bahan, dan jasa telah dicakup.
  • Validasi Keakuratan: Mintalah masukan dari ahli atau profesional terkait untuk memvalidasi keakuratan perkiraan biaya. Dengan pendapat tambahan, RAB dapat diperbaiki jika diperlukan.

Dengan melakukan pemeriksaan dan validasi, Anda dapat memastikan bahwa RAB yang disusun telah memenuhi standar akurasi dan kelengkapan yang diperlukan untuk pengelolaan keuangan proyek yang efektif.

9. Revisi dan Penyesuaian

Sesuaikan RAB jika ada perubahan dalam lingkup proyek atau perubahan harga selama proses perencanaan.

10. Gunakan Software Manajemen Proyek

Untuk proyek yang lebih besar, pertimbangkan penggunaan software manajemen proyek untuk memudahkan perhitungan dan pemantauan biaya.

Mengikuti langkah-langkah ini akan membantu Anda dalam cara membuat RAB bangunan yang teliti dan terinci, memastikan pengelolaan keuangan yang efisien selama pelaksanaan proyek.

Cara Menghitung RAB

Cara menghitung RAB bangunan

Sumber: rumah.com

Ada dua metode efektif dalam cara membuat RAB bangunan, yaitu menggunakan metode per meter persegi dan metode analisis harga satuan pekerjaan.

Pada metode per meter persegi, perhitungan RAB dilakukan berdasarkan luas bangunan. Pastikan untuk mengetahui harga pasaran bangunan di daerah tersebut sebelum memulai perhitungan. Sebagai contoh, luas bangunan 70 m2 dikalikan dengan harga bangunan per meter persegi, misalnya Rp2.000.000, menghasilkan total Rp140.000.000.

Sementara pada metode analisis harga satuan pekerjaan, perhitungan RAB dilakukan berdasarkan angka dan jumlah kebutuhan bahan serta tenaga kerja dalam satu satuan tertentu. Sebagai ilustrasi, harga satuan pekerjaan dapat dihitung dengan mengalikan volume pekerjaan dengan analisa harga yang telah ditentukan.

Cara Menghitung Biaya Sewa Alah di RAB dan Biaya Lain-lain

Dalam menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB), perhitungan biaya sewa alat dan biaya lain-lain sangat penting. Sebagai contoh, untuk biaya sewa ekskavator pada pekerjaan galian tanah sebanyak 50 m³, dengan harga sewa Rp 500.000/hari, total biaya sewa adalah Rp 5.000.000.

Sementara itu, untuk biaya transportasi material, dengan 10 ton batu kerikil dan harga transportasi Rp 50.000/ton, total biaya transportasi adalah Rp 500.000.

Pastikan juga mempertimbangkan biaya tambahan dan melibatkan pihak berkompeten untuk memastikan akurasi RAB selama pelaksanaan proyek.

Contoh RAB Bangunan

1. Contoh RAB Bangunan Rumah Minimalis Sederhana

contoh RAB bangunan

Sumber: edesainminimalis.com

Berikut adalah contoh RAB bangunan rumah minimalis sederhana yang bisa dijadikan referensi sebelum memulai mengikuti cara membuat RAB bangunan.

2. Contoh RAB Bangunan Rumah Tipe 45

contoh RAB bangunan

Sumber: Dekoruma

Berikut adalah contoh sederhana Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pembangunan rumah tipe 45. Harap dicatat bahwa angka-angka ini bersifat perkiraan dan dapat berubah tergantung pada lokasi geografis, bahan baku, dan variasi lainnya.

Untuk mendapatkan RAB yang lebih akurat, sebaiknya melibatkan profesional konstruksi atau konsultan

3. Contoh RAB Rumah Modern Tipe 90

contoh RAB bangunan

Sumber: rumahminimalisoi.com

Berikut ini adalah contoh sederhana Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pembangunan rumah modern tipe 90. Ingatlah bahwa angka-angka ini hanya bersifat perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada lokasi, bahan bangunan yang digunakan, dan faktor-faktor lainnya dalam cara membuat RAB bangunan

5. Contoh RAB Renovasi Rumah

contoh RAB bangunan

Sumber: Harga Depo

Berikut adalah contoh sederhana Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk proyek renovasi rumah. Harap diingat bahwa angka-angka ini bersifat perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada luas renovasi, jenis pekerjaan yang dilakukan, dan bahan-bahan yang digunakan.

6. Contoh RAB Rumah Lainnya

contoh RAB rumah

Sumber: rumahminimalisoi.com

Sahabat Mitra10 juga bisa mengambil contoh RAB rumah lainnya seperti berikut ini. Siapa tahu, bisa menjadi patokan lain dalam cara membuat RAB bangunan.

 

7. Contoh RAB Kegiatan Lainnya

contoh RAB kegiatan

Sumber: scribd.id

Berikut adalah contoh RAB kegiatan yang bisa Anda tiru. Penting sekali untuk membuat RAB yang tepat sebelum menjalankan kegiatan.

Template dan Format RAB Bangunan

contoh template RAB bangunan

Sumber: Sejasa.com

Berikut adalah contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB) renovasi rumah yang bisa Anda jadikan referensi dalam cara membuat RAB bangunan.

FAQ RAB Rumah

FAQ RAB bangunan

Sumber: Pexels.com

Jika Sahabat Mitra10 sudah memahami cara membuat RAB bangunan, saatnya mengulas kembali secara singkat seputar RAB rumah. Berikut antara lain:

Apa saja bagian utama dalam RAB Rumah?

Bagian utama RAB meliputi Pekerjaan Persiapan, Struktur Bangunan, Dinding dan Plesteran, Atap, Pekerjaan Finishing, dan Pekerjaan Tambahan. Setiap bagian memuat detail pekerjaan dan biaya terkait.

Kapan seharusnya RAB dibuat?

Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebaiknya disusun pada tahap perencanaan awal proyek.

Siapa yang harus membuat RAB rumah?

Rencana Anggaran Biaya (RAB) rumah sebaiknya disusun oleh profesional konstruksi atau konsultan yang berpengalaman dalam bidang ini.

Apakah RAB selalu akurat?

RAB dibuat berdasarkan perkiraan dan estimasi. Meskipun diusahakan agar akurat, faktor-faktor seperti perubahan desain atau kondisi lapangan dapat mempengaruhi keakuratan RAB. Oleh karena itu, perlu revisi selama pelaksanaan proyek jika diperlukan.

Apakah RAB berlaku untuk semua jenis rumah?

RAB dapat disesuaikan dengan jenis rumah dan skala proyek. RAB rumah tipe 45 akan berbeda dengan RAB rumah tipe 90 atau proyek renovasi, tergantung pada ruang lingkup dan spesifikasi proyek tersebut.

 

Jangan lupa berkunjung ke blog Mitra10 untuk mendapatkan lebih banyak inspirasi desain interior dan tips untuk meningkatkan kenyamanan rumah Anda.

Follow juga social media Mitra10 agar Anda tidak ketinggalan info ter-update lainnya:

Instagram @mitra10_official

TikTok @mitra10_official
Twitter @mitra10.official

Belanja keperluan renovasi, bahan bangunan, dan perlengkapan rumah hanya di mitra10.com.

Download juga aplikasi Mitra10 di Playstore untuk berbelanja yang lebih mudah.