10 Fungsi Microwave: Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerjanya

fungsi microwave
21 December 2023

Dalam dunia modern, microwave telah menjadi perangkat dapur yang tak tergantikan untuk mempercepat proses memasak dan memanaskan makanan. Meskipun banyak yang tahu bahwa microwave adalah alat hebat untuk pemanasan cepat, ternyata terdapat berbagai fungsi microwave lain yang sering luput dari perhatian kita. 

Dalam artikel ini, dapatkan wawasan lebih dalam tentang fungsi-fungsi microwave!

Apa Itu Microwave?

Microwave adalah perangkat dapur yang memanfaatkan gelombang mikro untuk memanaskan makanan. Fungsi microwave mencakup pemanasan, memasak, dan mencairkan dengan kecepatan tinggi, membuatnya menjadi alat yang efisien dan praktis dalam dapur modern.

Kelemahan Microwave

  1. Pemanasan Tidak Merata: Fungsi microwave kadang menyebabkan pemanasan tidak merata, dengan bagian makanan menjadi terlalu panas atau dingin.
  2. Pengaruh pada Tekstur: Beberapa makanan kehilangan tekstur asli karena pemanasan cepat, mempengaruhi kualitas hasil.
  3. Tidak Sesuai untuk Semua Masakan: Fungsi microwave kurang cocok untuk masakan yang membutuhkan proses perlahan atau penggorengan.
  4. Tidak Efektif pada Makanan Besar: Pada makanan besar, fungsi microwave mungkin tidak memberikan hasil optimal.
  5. Potensi Hilangnya Nutrisi: Pemanasan cepat bisa menyebabkan kehilangan nutrisi dalam makanan.

Kelebihan Microwave Dibandingkan Oven

  1. Kecepatan Pemanasan: Fungsi microwave lebih cepat memanaskan makanan dibandingkan oven, memungkinkan persiapan makanan yang lebih efisien.
  2. Efisiensi Energi: Fungsi microwave lebih efisien dalam penggunaan energi karena fokus pada pemanasan langsung, mengurangi waktu dan konsumsi energi.
  3. Ukuran dan Portabilitas: Microwave umumnya lebih kecil dan portable dibandingkan oven, cocok untuk ruang terbatas dan dapat dipindahkan dengan mudah.
  4. Mengonversi Waktu Memasak: Dengan fungsi pengonversi waktu memasak, microwave memberikan kemudahan dalam menghitung waktu persiapan makanan.
  5. Pemeliharaan Sederhana: Maintenance microwave lebih sederhana dan ekonomis dibandingkan oven, meminimalkan biaya perawatan.

10 Fungsi Microwave, Wajib Diketahui Sebelum Membeli!

microwave

Sumber: Batampos

1. Pemanasan Makanan

Fungsi microwave yang utama adalah memanaskan makanan dengan cepat dan efisien. Ini memungkinkan pemanasan makanan seperti nasi, sup, atau leftovers dalam hitungan menit, menjadikannya solusi cepat dan efisien untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Memasak

Fungsi microwave tidak hanya memanaskan, tetapi juga mampu memasak berbagai jenis makanan. Fungsi ini berguna untuk menyiapkan hidangan seperti sayuran kukus, pasta instan, dan hidangan cepat saji.

3. Mencairkan Makanan Beku

Fungsi thawing pada microwave memungkinkan mencairkan makanan beku dengan cepat. Dengan demikian, fungsi microwave menjadi alat yang efektif untuk mempersiapkan bahan makanan beku dengan cepat dan efisien.

4. Panggang dan Rebus

Beberapa microwave modern dilengkapi dengan fitur pemanggangan dan perebusan, membuka peluang untuk variasi masakan.

Fungsi microwave berupa pemanggangan memungkinkan Anda menciptakan lapisan renyah pada hidangan, sementara fungsi perebusan memberikan opsi untuk memasak makanan dalam cairan, seperti telur rebus atau sayuran yang melembut dalam waktu singkat.

5. Pemanggangan Kue dan Roti

Microwave dengan fitur pemanggangan cocok untuk membuat kue dan roti. Fungsi microwave mampu menghasilkan panas yang merata, menciptakan hasil pemanggangan yang lezat dengan lapisan renyah.

6. Sterilisasi

Fitur sterilisasi pada fungsi microwave memungkinkan penggunaan alat dapur dan botol bayi yang bersih dan bebas bakteri.

Dengan menggunakan gelombang mikro, fungsi microwave dapat membunuh bakteri dan kuman pada permukaan alat dapur serta botol bayi dengan cepat dan efektif.

7. Pemanasan Cairan

Kecepatan dan efisiensi microwave membuatnya sangat efektif dalam memanaskan cairan, seperti air untuk teh atau kopi. Dengan waktu pemanasan yang singkat, fungsi microwave memberikan kemudahan dalam persiapan minuman panas tanpa perlu menunggu lama.

8. Mengeringkan Makanan

Beberapa model microwave dilengkapi dengan fungsi mengeringkan, memungkinkan penggunaannya untuk mengeringkan makanan seperti buah atau daging.

Dengan mengontrol suhu dan waktu secara akurat, fungsi microwave dapat menghilangkan kelebihan kelembaban dari makanan, menciptakan hasil yang renyah dan tahan lama.

9. Proses Fermentasi

Beberapa microwave modern dilengkapi dengan fitur fermentasi untuk membuat yoghurt atau adonan roti.

Kemampuan fungsi microwave untuk mendukung proses fermentasi memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin mencoba membuat produk fermentasi secara mandiri di rumah.

10. Fungsi Grill

Beberapa microwave dilengkapi dengan fungsi grill yang memungkinkan pengguna memberikan efek panggang pada makanan.

Dengan menggunakan elemen pemanas grill yang terintegrasi, fungsi microwave dapat menciptakan lapisan renyah pada bagian luar hidangan, memberikan variasi dalam tampilan dan tekstur.

Cara Kerja Microwave

cara kerja microwave

Sumber: Pinterest

Microwave beroperasi dengan menghasilkan gelombang mikro melalui magnetron yang disalurkan ke dalam oven. Ketika gelombang ini bertemu makanan, molekul air di dalamnya menyerap energi, menyebabkan gerakan dan menghasilkan panas secara efisien.

Proses ini dikenal sebagai pemanasan dielektrik, memastikan distribusi panas yang merata. Kecepatan pemanasan yang tinggi dan efisiensi energi menjadikan microwave pilihan utama dalam mempersiapkan makanan secara cepat dan praktis.

Tips Memilih Microwave Berkualitas

  1. Daya yang Sesuai: Pilih microwave dengan daya yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berkisar antara 600 hingga 1.200 watt untuk hasil yang optimal.
  2. Ukuran yang Tepat: Sesuaikan ukuran microwave dengan ruang dapur dan kebutuhan penggunaan sehari-hari untuk efisiensi dan kenyamanan.
  3. Fitur Tambahan: Pilih model dengan fitur tambahan seperti sensor pemanas, fungsi microwave berupa grill, atau program memasak otomatis untuk fleksibilitas dalam penggunaan.
  4. Keamanan: Pastikan adanya sistem penguncian pintu dan sensor keamanan untuk mencegah kecelakaan.
  5. Ulasan Pengguna: Baca ulasan pengguna untuk mendapatkan informasi langsung mengenai kinerja dan keandalan microwave yang Anda pertimbangkan.

Rekomendasi Microwave Berkualitas Terbaik

  1. Sharp Microwave Penghangat Makanan R-751GX 25 Liter Hitam, kontrol yang mudah dan hemat energi. Harga mulai dari Rp 1,9 jutaan.
  1. Sanken Microwave Penghangat Makanan MO-200BK 20 Liter Hitam, pemanasan dan defrosting merata. Harga mulai dari Rp 1,5 jutaan.
  1. Sharp Microwave Oven R-728(S) 25 Liter Silver, dilengkapi dengan 5 level penggunaan yang dapat Anda atur sesuai dengan jenis makanan. Harga mulai dari Rp 1,4 jutaan.
  1. Fotile Microwave Oven Tanam HW25800K-C2GT 25 Liter, memberikan cukup ruang untuk memanaskan atau memasak berbagai jenis makanan dalam jumlah besar. Harga mulai dari Rp 10 jutaan.

Jangan lupa berkunjung ke blog Mitra10 untuk mendapatkan lebih banyak inspirasi desain interior dan tips untuk meningkatkan kenyamanan rumah Anda.

Follow juga social media Mitra10 agar Anda tidak ketinggalan info ter-update lainnya:

Instagram @mitra10_official

TikTok @mitra10_official
Twitter @mitra10.official

Belanja keperluan renovasi, bahan bangunan, dan perlengkapan rumah hanya di mitra10.com.

Download juga aplikasi Mitra10 di Playstore untuk berbelanja yang lebih mudah.