12 Model Rumah Atap Miring Kebelakang, Gaya Kekinian!

Rumah atap miring kebelakang
21 December 2023

12 Model Rumah Atap Miring Kebelakang, Gaya Kekinian!

Rumah atap miring kebelakang adalah salah satu model rumah yang sedang populer di kalangan masyarakat. Model ini memiliki banyak keunggulan, seperti memberikan kesan minimalis, modern, dan elegan, serta mudah dalam perawatan dan pemasangan. Selain itu, model ini juga cocok untuk berbagai jenis iklim dan kondisi tanah.

Apa Itu Model Rumah Atap Miring Kebelakang?

Model rumah atap miring ke belakang merujuk pada desain atap yang cenderung lebih tinggi di bagian belakang rumah daripada di bagian depan. Atap miring ini memberikan karakteristik unik pada rumah dan seringkali diterapkan untuk memberikan ruang ekstra di lantai atas atau menciptakan desain yang menarik secara visual. 

Tips Memilih Model Rumah Atap Miring Kebelakang

  1. Fungsional dan Kekinian: Pilih model Rumah Atap Miring Kebelakang yang tidak hanya estetis tetapi juga meningkatkan fungsionalitas ruang di lantai atas. Pastikan desainnya sesuai dengan gaya arsitektur dan kekinian.
  2. Harmonisasi dan Penyerasian: Pilih desain atap yang harmonis dengan gaya arsitektur dan sejalan dengan lingkungan sekitar. 
  3. Pertimbangkan Budget: Tetapkan anggaran yang sesuai dan pilih model rumah atap miring kebelakang yang dapat diakses secara finansial, termasuk biaya tambahan yang mungkin timbul selama konstruksi.
  4. Konsultasi dengan Ahli Desain: Konsultasikan rencana desain dengan ahli arsitektur atau desainer rumah. Mereka dapat memberikan saran berdasarkan kebutuhan dan kondisi lokasi.

Hal Penting dalam Memilih Model Atap Rumah Minimalis

1. Bahan Atap Rumah

Dalam memilih bahan atap rumah minimalis, khususnya untuk rumah atap miring kebelakang, pertimbangkan ketahanannya terhadap cuaca ekstrem dan iklim setempat. Genteng beton, logam, atau genteng keramik bisa menjadi pilihan yang cocok dengan desain atap miring tersebut.

2. Warna Atap Rumah

Warna atap rumah memainkan peran penting dalam estetika rumah atap miring kebelakang. Pilihlah warna yang sejalan dengan desain rumah minimalis dan lingkungan sekitar. Perhatikan juga bahwa warna atap dapat mempengaruhi suhu dalam rumah; warna terang mungkin lebih efisien dalam memantulkan panas matahari, memberikan kenyamanan dalam rumah atap miring Anda.

12 Rekomendasi Model Rumah Atap Miring Kebelakang

Berikut adalah beberapa contoh model rumah atap miring kebelakang yang bisa Anda jadikan inspirasi:

1. Rumah Atap Miring Kebelakang Kombinasi

rumah atap miring kebelakang

Sumber: Homeshobby.com

Model ini merupakan perpaduan dari beberapa model atap miring, seperti pelana, perisai, dan sandar. Model ini memberikan kesan variatif dan menarik pada rumah, tetapi juga membutuhkan biaya yang lebih besar.

2. Rumah Atap Miring Kebelakang Perisai Modifikasi

rumah atap miring kebelakang

Sumber: Pinterest

Model ini merupakan modifikasi dari model atap perisai, yang memiliki empat sisi yang sama. Atap perisai memiliki empat sisi dan sering digunakan pada banyak hunian di Indonesia. Model ini memberikan kesan modern dan minimalis pada rumah, tetapi juga memiliki sisi belakang yang lebih landai dan elegan.

3. Rumah Atap Miring Kebelakang Sandar Satu Sisi

rumah atap miring kebelakang

Sumber: Pinterest

Model ini merupakan model atap yang memiliki satu sisi yang miring ke arah belakang. Atap miring menopang dinding atau plafon atap yang lebih tinggi. Model ini memberikan kesan sederhana dan praktis pada rumah, tetapi juga membutuhkan material yang lebih sedikit.

4. Rumah Atap Miring Kebelakang Piramida

rumah atap miring kebelakang

Sumber: Homeshabby.com

Model ini merupakan model atap yang memiliki empat sisi yang sama dan bertemu di satu titik. Model ini memberikan kesan klasik dan simetris pada rumah, tetapi juga memiliki kemiringan yang cukup curam.

5. Rumah Atap Miring Kebelakang Saltbox

Sumber: Pixabay

Model ini merupakan model atap yang memiliki dua sisi yang berbeda, yaitu sisi depan yang pendek dan sisi belakang yang panjang. Model ini memberikan kesan unik dan asimetris pada rumah, tetapi juga memiliki kemiringan yang sangat curam.

6. Rumah Atap Miring Kebelakang Gambrel

Sumber: Pinterest

Model ini merupakan model atap yang memiliki dua sisi yang sama, tetapi masing-masing sisi memiliki dua kemiringan yang berbeda. Model ini memberikan kesan luas dan lapang pada rumah, tetapi juga membutuhkan rangka atap yang lebih kompleks.

7. Rumah Atap Miring Kebelakang Kubah

Model ini merupakan model atap yang memiliki bentuk setengah lingkaran atau setengah bola. Model ini memberikan kesan futuristik dan artistik pada rumah, tetapi juga membutuhkan material yang fleksibel dan kuat.

8. Rumah Atap Miring Kebelakang Shed

Model ini merupakan model atap yang memiliki satu sisi yang miring ke arah depan. Model ini memberikan kesan berbeda dan menonjol pada rumah, tetapi juga membutuhkan pencahayaan yang cukup di bagian depan rumah.

9. Rumah Atap Miring Kebelakang Sandar

Model ini merupakan model  atap rumah miring sandar satu sisi. Konsep atap rumah miring sandar adalah memiliki atap tunggal miring. Rumah atap miring ke belakang sandar tunggal ini dapat dipasang pada dinding atau plafon atap yang lebih tinggi. Keunggulan rumah atap miring ke belakang sandar ini adalah desainnya yang modern, mudah dipasang, dan sangat sesuai dengan zaman.

10. Rumah Atap Miring Kebelakang Pelana

Sumber: Pinterest

Model ini merupakan model atap yang memiliki dua sisi yang sama dan bertemu di satu garis. Desain ini juga termasuk desain yang banyak disukai di Indonesia. Model ini memberikan kesan klasik dan populer pada rumah, tetapi juga membutuhkan rangka atap yang kuat.

11. Rumah Atap Miring Kebelakang Jerkinhead

Sumber: Pinterest

Model ini merupakan model atap yang memiliki dua sisi yang sama, yang merupakan kombinasi desain dari rumah atap pelana dan perisai. Desain atap rumah miring jerkinhead ini masih jarang digunakan di Indonesia.

Namun, di Inggris, desain ini sangat populer. Model ini memberikan kesan tradisional dan anggun pada rumah, tetapi juga membutuhkan material yang lebih banyak.

12. Rumah Atap Miring Kebelakang Perisai

Sumber: Homeshabby.com

Model ini merupakan model atap yang memiliki empat sisi yang sama. Model ini memberikan kesan modern dan minimalis pada rumah, tetapi juga memiliki kemiringan yang cukup curam.

Kelebihan Rumah Atap Miring Kebelakang

  • Estetika Modern: Atap miring ke belakang memberikan sentuhan modern dan estetika yang menarik, menciptakan tampilan rumah yang unik dan kekinian.
  • Optimalisasi Ruang: Desain ini memungkinkan pemanfaatan optimal ruang di lantai atas, memberikan fleksibilitas untuk menambah kamar atau ruang tambahan.
  • Pencahayaan Alami: Atap miring memaksimalkan pencahayaan alami di lantai atas, menciptakan lingkungan yang terang dan nyaman di dalam rumah.
  • Adaptasi Terhadap Kontur Tanah: Cocok untuk lahan dengan kemiringan atau kondisi tanah yang tidak rata, mengoptimalkan pemanfaatan tanah yang tersedia.
  • Fleksibilitas Desain dan Fungsionalitas: Desain atap miring memberikan fleksibilitas dalam penyesuaian desain rumah sesuai kebutuhan dan memberikan tambahan nilai fungsional pada ruangan di bawahnya.

Kekurangan Rumah Atap Miring Kebelakang

  • Biaya Konstruksi yang Lebih Tinggi: Membangun rumah dengan atap miring ke belakang mungkin memerlukan biaya konstruksi yang lebih tinggi, terutama jika desainnya kompleks.
  • Pemeliharaan Atap: Atap miring cenderung memerlukan pemeliharaan lebih intensif, terutama dalam hal pembersihan dan perawatan bahan atap.
  • Potensi Kurangnya Privasi: Desain atap miring bisa memberikan potensi kurangnya privasi, terutama jika lantai atas terletak pada tingkat yang lebih tinggi dan mudah terlihat dari luar.
  • Pemilihan Material yang Tepat: Pemilihan material atap yang kurang tepat dapat meningkatkan risiko kebocoran air hujan, memerlukan pemilihan material yang berkualitas tinggi.
  • Pembatasan Ruang di Bawah Atap: Bagian bawah atap miring dapat membatasi ketinggian ruang di bawahnya, mempengaruhi fungsionalitas dan desain interior di tingkat bawah rumah.

Rekomendasi Atap Berkualitas dari Mitra10

Kesimpulan

Rumah atap miring kebelakang  adalah model rumah yang memiliki banyak kelebihan, seperti memberikan kesan minimalis, modern, dan elegan, serta mudah dalam perawatan dan pemasangan. Walau begitu, model ini juga cocok untuk berbagai jenis iklim dan kondisi. 

Jangan lupa berkunjung ke blog Mitra10 untuk mendapatkan lebih banyak inspirasi desain interior, eksterior, dan tips untuk meningkatkan kenyamanan rumahmu.

Follow juga social media Mitra10 agar Anda tidak ketinggalan info ter-update lainnya:

Instagram @mitra10_official

TikTok @mitra10_official
Twitter @mitra10.official

Belanja keperluan renovasi, bahan bangunan, dan perlengkapan rumah hanya di mitra10.com.

Download juga aplikasi Mitra10 di Playstore untuk berbelanja yang lebih mudah.

Dapatkan juga harga promo terbaik di akhir tahun 2023 dengan klik disini, hanya di Mitra10!