Asbes Adalah: Pengertian, Penggunaan, dan Jenis-Jenisnya

Asbes adalah
25 January 2024

Atap adalah komponen vital dalam sebuah rumah, memberikan perlindungan terhadap penghuni dari cuaca dan elemen lainnya. Salah satu jenis atap yang populer adalah atap asbes. Meskipun akrab di telinga, pengetahuan mendalam tentang apa sebenarnya atap asbes adalah mungkin belum dimiliki oleh banyak orang. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih lanjut tentang atap seribu umat ini. Mari kita memahami lebih dalam mengenai apa sebenarnya atap asbes dan segala hal terkaitnya.

Apa yang Dimaksud dengan Asbes?

Asbes adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada sekelompok mineral serat alami yang memiliki sifat tahan panas, tahan api, dan isolatif. Asbes telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu, dan kepopulerannya terutama karena sifat-sifatnya yang unik. 

Asbes dapat ditemukan dalam bentuk serat-serat halus yang dapat dicampur dengan bahan lain untuk membuat material yang kuat dan tahan panas.

Pengaplikasian Asbes Digunakan Untuk Apa?

Asbes adalah sekelompok mineral serat yang dikenal karena sifat-sifatnya yang unik, seperti tahan panas, tahan api, dan isolatif. Penggunaan asbes melibatkan berbagai industri dan aplikasi, termasuk:

Bahan Bangunan:

  • Atap: Penyebab sering digunakannya atap asbes adalah karena kekuatan, ketahanan cuaca, dan sifat tahan panasnya.
  • Papan Siding dan Panel Dinding: Dalam bentuk papan siding atau panel dinding, asbes memberikan kekuatan struktural dan ketahanan terhadap elemen cuaca.
  • Isolasi Termal: Salah satu sifat asbes adalah dalam isolasi untuk melindungi dari panas dan mempertahankan suhu yang stabil.

Industri dan Pabrik:

  • Pipa dan Tangki: Salah satu kegunaan asbes adalah sebagai material  pembuatan pipa dan tangki industri karena kekuatan mekanis dan ketahanan terhadap panas.
  • Perlengkapan Tahan Api: Asbes sering digunakan dalam perlengkapan tahan api, termasuk selimut dan pakaian pelindung.

Komponen Otomotif:

  • Rem dan Kopling: Asbes telah digunakan dalam rem dan kopling kendaraan karena sifat gesekan dan ketahanan panasnya.

Isolator Listrik:

  • Bahan Isolator: Salah satu kegunaan asbes adalah sebagai bahan isolator listrik karena sifat isolatifnya.

Kelebihan Asbes

  • Ketahanan Terhadap Panas dan Api: Sifat utama asbes adalah ketahanannya terhadap panas dan api. Asbes memiliki sifat tahan panas dan tahan api, membuatnya ideal untuk aplikasi seperti atap, panel dinding, dan isolasi termal.
  • Kekuatan Mekanis: Kontribusi asbes adalah pada keandalan struktural, terutama dalam pembuatan pipa, tangki, dan komponen otomotif seperti rem dan kopling.
  • Tahan Gesekan: Sifat tahan gesekan asbes adalah cocok untuk aplikasi di mana friksi tinggi terjadi, seperti pada rem kendaraan.
  • Ketahanan terhadap Kondisi Cuaca: Asbes tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, membuatnya cocok untuk penggunaan luar ruangan.
  • Isolasi Termal: Dikenal sebagai bahan isolasi termal yang efektif, digunakan untuk mempertahankan suhu stabil dalam bangunan.

Kelemahan Asbes

  • Dampak Kesehatan: Paparan serat asbes dapat menyebabkan berbagai penyakit paru-paru serius, termasuk asbestosis, kanker paru-paru, dan mesothelioma.
  • Lingkungan: Penggunaan asbes dapat menyebabkan kontaminasi lingkungan, mencemari tanah, air, dan udara.
  • Pembuangan: Pembuangan material yang mengandung asbes dapat menimbulkan risiko tambahan jika tidak dikelola dengan benar.
  • Regulasi: Banyak negara telah melarang atau membatasi penggunaan asbes karena risiko kesehatan dan dampak lingkungan.
  • Paparan Jangka Panjang: Efek kesehatan dari paparan asbes dapat berkembang secara bertahap dan muncul bertahun-tahun setelah eksposur.

Jenis-Jenis Asbes

Jenis-jenis asbes adalah

Sumber: Buka Bangunan

Terdapat enam jenis asbes yang termasuk dalam kelompok mineral unik yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu serpentin dan amfibol. Berikut beberapa jenis asbes adalah sebagai berikut:

1. Asbes Amosite

Asbes amosite, juga dikenal sebagai asbes cokelat, adalah salah satu jenis asbes yang memiliki kekuatan tinggi dan tahan panas. Asbes adalah mineral serat yang umumnya digunakan dalam lembaran semen, isolasi pipa, dan isolasi listrik. Penting untuk dicatat bahwa, meskipun asbes adalah bahan yang memiliki sifat-sifat unik ini, semua jenis asbes dapat membahayakan kesehatan manusia, dan risiko paparan terutama tinggi pada jenis asbes amosite.

2. Asbes Chrysotile

Chrysotile, yang juga dikenal sebagai asbes putih, adalah jenis asbes yang paling sering digunakan. Serat asbes putih memiliki tekstur halus, dan jenis asbes ini juga memiliki fleksibilitas tinggi serta sifat tahan panas yang baik. Dalam aplikasinya, asbes putih dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai bantalan rem, dalam pembuatan semen, dan sebagai bahan atap bangunan. Asbes adalah mineral serat yang memiliki berbagai kegunaan, dan asbes putih merupakan salah satu jenis yang memiliki popularitas tinggi.

2. Asbes Aktinolit

Aktinolit, yang seringkali memiliki warna serat yang gelap dan memiliki serat yang ringan, adalah salah satu jenis asbes yang memiliki berbagai bentuk, termasuk yang rapuh, berserat, dan padat.

Secara umum, aktinolit dapat ditemukan pada berbagai material seperti sealant, cat, dan drywall. Asbes adalah mineral serat yang dapat memiliki berbagai macam bentuk dan kegunaan, dan aktinolit adalah salah satu jenis yang sering dijumpai dalam aplikasi sealant dan material bangunan.

3. Asbes Crocidolite

Crocidolite, atau yang dikenal sebagai asbes biru, memiliki serat sangat tipis yang mudah bersarang di paru-paru saat terhirup. Karakteristik serat yang tipis dan rapuh menjadikan crocidolite sebagai jenis asbes yang berbahaya.

Asbes adalah mineral serat yang memiliki karakteristik unik ini, namun, crocidolite memiliki kelemahan karena mudah rusak dan serpihannya dapat terpapar ke udara, menambah risiko kesehatan.

4. Asbes Anthophyllite

Anthophyllite, yang seratnya berwarna abu-abu kecoklatan, sering ditemukan sebagai kontaminan pada lantai komposit. Walaupun secara alami memiliki warna yang cenderung abu-abu, anthophyllite merupakan salah satu jenis asbes.

Asbes adalah kelompok mineral serat yang memiliki berbagai varietas, dan kehadiran anthophyllite dapat menimbulkan kekhawatiran terkait paparan potensial dan dampak kesehatan yang terkait dengan asbes.

5. Asbes Tremolit

Tremolit, sering diidentifikasi sebagai kontaminan pada asbes chrysotile, digunakan dalam sealant, cat, dan produk insulasi yang mengandung asbes. Meskipun bukan asbes utama, tremolit adalah salah satu jenis mineral serat yang dapat meningkatkan risiko paparan asbes.

Asbes adalah kelompok mineral serat dengan sifat tahan panas dan isolatif, tetapi kontaminasi tremolit dalam aplikasi konstruksi menimbulkan kekhawatiran terkait dampak kesehatan dan perlu dikelola dengan hati-hati.

Mengapa Atap Asbes Dilarang?

Penggunaan atap asbes telah dilarang di banyak negara karena risiko kesehatan yang terkait dengan serat asbes. Asbes adalah mineral yang, ketika digunakan sebagai bahan konstruksi seperti atap, dapat melepaskan serat-serat mikroskopis yang bersifat berbahaya ketika terpapar dan terhirup.

Paparan serat asbes dapat menyebabkan berbagai penyakit paru-paru serius, seperti kanker paru-paru dan mesothelioma. Dengan meningkatnya kesadaran akan risiko kesehatan ini, banyak negara telah mengimplementasikan larangan atau pembatasan terhadap penggunaan asbes, sebagai langkah perlindungan terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Bahaya Asbes bagi Kesehatan dan Lingkungan

Bahaya asbes bagi kesehatan dan lingkungan

Sumber: primecareclinic.co.id

Bahaya asbes bagi kesehatan dan lingkungan sangat signifikan, dan perlu diperhatikan dengan serius. Beberapa risiko dan dampak negatif yang terkait dengan asbes adalah:

  • Penyakit Paru-paru: Paparan serat asbes dapat menyebabkan berbagai penyakit paru-paru, termasuk asbestosis, kanker paru-paru, dan mesothelioma.
  • Kesehatan Dampak Jangka Panjang: Efek kesehatan dari paparan asbes dapat berkembang secara bertahap, bahkan setelah paparan yang singkat. Penyakit serius dapat muncul bertahun-tahun setelah eksposur.
  • Kontaminasi Lingkungan: Efek penggunaan asbes adalah dapat menyebabkan kontaminasi lingkungan. Serat asbes dapat mencemari tanah, air, dan udara, merugikan ekosistem dan organisme hidup.
  • Bahaya Pembuangan Asbes: Pembuangan material yang mengandung asbes dapat menimbulkan risiko kesehatan dan lingkungan yang lebih lanjut jika tidak dikelola dengan benar.

Bahan Alternatif Asbes

Untuk menghindari dampak yang disebutkan di atas, disarankan untuk tidak menggunakan atap yang terbuat dari asbes. Adapun bahan pengganti asbes adalah atap dengan bahan lain seperti bitumen dan semen fiber. Bitumen terdiri dari aspal dan serat selulosa dari kayu, ringan, tahan lama, dan tidak panas. 

Sementara itu, semen fiber terbuat dari campuran semen, penguat, dan serat mineral, dengan kekuatan yang tahan lapuk, lembab, dan tidak bocor. 

Kedua bahan ini ramah lingkungan dan bebas dari zat asbes, memberikan alternatif yang lebih aman untuk konstruksi atap. Meskipun memerlukan investasi lebih besar, pilihan ini menghindarkan dari risiko kesehatan yang mungkin timbul akibat asbes.

Rekomendasi Atap Berkualitas, Pengganti Atap Asbes

Pengganti atap asbes adalah dengan material atap bitumen, polycarbonat, UPVC, dan spandek. Berikut ini rekomendasi atap berkualitas dari Mitra10 antara lain: 

  • Smartuff Atap Polycarbonat 1.22x2.44 Meter Clear, Memiliki sifat transparan, ringan, tahan lama, serta tahan terhadap suhu ekstrim, atap polycarbonate menjadi salah satu material favorit yang difungsikan sebagai pengganti kaca. Harga mulai dari Rp 348 ribuan. 

Jangan lupa berkunjung ke blog Mitra10 untuk mendapatkan lebih banyak inspirasi desain interior, eksterior, dan tips untuk meningkatkan kenyamanan rumah Anda. 

Follow juga social media Mitra10 agar Anda tidak ketinggalan info belanja di Mitra10 Gading Serpong atau tipter-update lainnya:

Instagram @mitra10_official

TikTok @mitra10_official

Twitter @mitra10.official

Belanja keperluan renovasi, bahan bangunan, dan perlengkapan rumah hanya di mitra10.com. Cek juga promo terbaru disini, hanya di Mitra10.

Download juga aplikasi Mitra10 di Playstore untuk berbelanja yang lebih mudah.