12 Inspirasi Kolam Ikan Mini Di Teras Rumah, Adem Banget!

kolam ikan mini di teras rumah
13 December 2023

Rumah yang ideal menciptakan atmosfer santai dan nyaman untuk melepas penat. Sudut-sudut di rumah kerap dijadikan tempat 'me time’ seperti adanya kolam ikan mini di teras rumah. Kita bisa duduk diam dan merenung sambil menikmati suara gemericik air, ikan yang berenang, dan pohon hijau.

Sahabat Mitra 10 sedang mencari inspirasi kolam ikan mini di teras rumah? Temukan beragam inspirasinya di artikel ini!

Manfaat Kolam Ikan Mini di Teras Rumah

Adanya kolam ikan mini di teras rumah bukan hanya sebagai elemen dekoratif, tetapi juga memberikan nilai estetika dan ketenangan. Kolam ikan tidak hanya mempercantik teras, melainkan juga menciptakan atmosfer yang menenangkan. Sifat edukatifnya yang mengajarkan tentang siklus hidup ikan menjadi nilai tambah. 

Suara gemericik air menambahkan elemen hiburan yang menyenangkan. Keberadaan kolam juga dapat menarik satwa liar seperti kupu-kupu dan burung.

Ukuran Ideal Kolam Ikan Mini di Teras Rumah

Ukuran ideal untuk kolam ikan mini di teras rumah dapat bervariasi tergantung pada ruang yang tersedia dan preferensi pribadi. Namun, beberapa rekomendasi umum melibatkan kolam dengan panjang sekitar 1,5 hingga 2,5 meter, lebar sekitar 1 hingga 1,5 meter, dan kedalaman sekitar 0,5 hingga 0,75 meter. 

Tips Penting Memilih Model Kolam Ikan Mini di Teras Rumah

  1. Ukuran yang Sesuai: Pilih ukuran kolam yang sesuai dengan ruang di teras rumah Anda. Pastikan tidak terlalu besar sehingga cocok dengan skala teras.
  2. Ketersediaan Cahaya: Pilih lokasi yang mendapat sinar matahari cukup untuk tanaman air dan kesejahteraan ikan. Hindari tempat yang terlalu teduh.
  3. Material yang Tepat: Pertimbangkan material kolam seperti fiberglass atau plastik tahan lama. Pastikan material tersebut aman untuk lingkungan kolam.
  4. Sistem Filtrasi: Pastikan ada sistem filtrasi yang efektif untuk menjaga kualitas air. Filter dan sirkulasi air penting untuk menjaga kebersihan kolam.
  5. Estetika dan Tanaman: Pilih desain kolam yang sesuai dengan estetika teras rumah Anda. Tambahkan tanaman air dan dekorasi untuk menambah keindahan dan kesegaran visual.
  6. Pemilihan Lokasi Kolam Ikan: Pilih lokasi kolam ikan yang dapat menjadi fokus visual di teras rumah. Pastikan mudah diakses, namun tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Baca juga: Cara Membuat Kolam Ikan Sendiri Di Halaman Rumah: Praktis Dan Mudah Diikuti!

12 Inspirasi Kolam Ikan Mini di Teras Rumah, Menarik Ditiru!

1. Kolam Ikan Mini di Teras Rumah Seperti Sungai Alami

kolam ikan minimalis

Sumber: Botanicalconceptschicago.com

Membuat kolam ikan mini di teras rumah seperti sungai alami adalah ide brilian untuk menciptakan atmosfer alam yang menenangkan. Dengan desain yang mengikuti alur sungai, kolam ikan mini memberikan kesan alami dan harmoni dengan lingkungan sekitarnya.

Pilihan tanaman air dan bebatuan di sekitar kolam menambahkan sentuhan keaslian, menciptakan suasana yang mengingatkan pada keindahan alam sungai.

2. Kolam Ikan Mini Gaya Leveling

Kolam ikan gaya leveling

Sumber: idea.grid.id

Desain ideal untuk lahan terbatas adalah kolam ikan mini di teras rumah dengan konsep leveling. Dengan menggunakan material semen dan mengaplikasikan desain bertumpuk seperti terasering, Sahabat Mitra10 dapat menciptakan kolam ikan yang estetis dan sesuai dengan ruang yang terbatas.

3. Kolam Ikan Mini dengan Pijakan

desain kolam ikan minimalis

Sumber: Pinterest

Menambahkan pijakan pada kolam ikan mini di teras rumah adalah pilihan cerdas untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik. Pijakan bisa menggunakan material seperti batu alam atau kayu untuk menyesuaikan dengan gaya dan kesan yang diinginkan.

4. Kolam Ikan Mini dengan Sisi Kaca

desain kolam ikan mini di teras rumah

Sumber: Pinterest

Menghadirkan kolam ikan mini di teras rumah dengan sisi kaca adalah konsep yang futuristik. Sisi kaca memberikan tampilan transparan yang elegan, menciptakan pengalaman unik dalam merasakan keindahan ikan dan lingkungan akuatik.

5. Kolam Ikan Mini di Teras Rumah Menyatu dengan Pagar Tembok

kolam ikan minimalis

Sumber: Homemydesign

Kolam ikan mini yang menyatu dengan pagar tembok di teras rumah memberikan sentuhan estetika yang serasi dan alami. Dengan ditempatkannya kolam ini bersinggungan dengan pagar tembok, tercipta harmoni antara unsur air dan elemen arsitektur. Tertarik meniru kolam ikan mini ini untuk teras rumah?

6. Kolam Ikan Mini dengan Patung Hewan

kolam ikan minimalis

Sumber: Aliexpress

Hiasan patung hewan pada kolam ikan mini adalah cara unik untuk menambahkan unsur artistik dan kehidupan pada ruang terbuka. Dengan meletakkan patung hewan di sekitar atau di dalam kolam, menciptakan kombinasi yang menarik antara seni dan alam.

Patung hewan menjadi poin fokus yang menambah daya tarik visual pada kolam ikan mini di area teras rumah, memberikan sentuhan estetika yang unik dan menyegarkan.

7. Kolam Ikan Mini dengan Jembatan Mungil

Sumber: Dekoruma

Meskipun lahan depan rumah sempit, Anda masih bisa memiliki kolam ikan mini dengan trik yang unik. Jadikan jalan menuju pintu rumah seperti jembatan yang melintasi kolam ikan estetis di bawahnya.

Kreatif dengan menggunakan kayu atau batu alam untuk mendesain jembatan yang rapi. Dengan demikian, Anda bisa memiliki model kolam ikan minimalis di depan rumah, dilengkapi dengan jembatan kecil yang menarik untuk dinikmati.

8. Kolam Ikan Mini Menempel dengan Pagar Rumah

desain kolam ikan mini di teras

Sumber: Pinterest

Membuat kolam ikan mini yang menempel dengan pagar rumah adalah ide brilian untuk memaksimalkan ruang. Dengan konsep ini, kolam ikan menjadi elemen dekoratif yang menyatu dengan lingkungan rumah.

Pagar rumah berfungsi sebagai batas yang memperkuat estetika dan kepraktisan kolam mini tersebut.

9. Kolam Ikan Mini dengan Jalan Telusur

desain kolam ikan mini di teras

Sumber: Homemydesign

Menggabungkan kolam ikan dengan jalan telusur menciptakan ruang yang menarik dan menenangkan. Desain ini menghadirkan elemen interaktif dengan memberikan akses ke tepi kolam melalui jalan telusur.

Kombinasi kolam air dan jalan tapak batu yang indah menciptakan pengalaman visual yang menyegarkan. Apalagi jika di sekelilingnya terdapat pepohonan yang menyejukkan.

10. Kolam Ikan Mini Dekat Kursi Santai

Sumber: Pinterest

Menempatkan kolam ikan mini dekat kursi santai di teras rumah menciptakan tempat santai yang memikat. Kolam ikan mini di dekat kursi santai tidak hanya menambah daya tarik visual, tetapi juga menciptakan suasana yang damai dan menyegarkan untuk menikmati waktu santai di teras rumah.

11. Kolam Ikan Mini dengan Pot Tanaman

Sumber: Bukalapak.com

Optimalkan teras rumah yang terbatas dengan menempatkan pot bundar besar sebagai kolam ikan mini. Untuk sentuhan estetika, tambahkan tanaman air seperti melati air atau teratai mini di dalam kolam kecil tersebut.

Pastikan untuk memasukkan ikan ke dalamnya agar dapat mengurangi risiko munculnya jentik-jentik nyamuk di kolam pot yang menjadi milikmu.

12. Kolam Ikan Mini dengan Tembok Air Mancur

Sumber: Pinterest

Desain ini mengintegrasikan kolam ikan kecil dengan tembok air mancur yang memberikan sentuhan elegan dan berkelas. Suara gemericik air dan visual efek air mancur menciptakan atmosfer yang menenangkan dan memikat.

Tambahan batu-batuan di sekitar kolam juga mempermanis desain kolam ikan mini.

Tips Merawat Kolam Ikan Mini di Teras Rumah

  1. Pemilihan Ikan yang Tepat: Pilih ikan yang sesuai dengan ukuran kolam dan perhatikan keseimbangan populasi agar tidak overpopulasi.
  2. Pembersihan Berkala: Lakukan pembersihan rutin dari daun, kotoran, dan alga untuk menjaga kebersihan air kolam.
  3. Sistem Filtrasi yang Efisien: Pasang sistem filtrasi yang baik untuk menjaga kualitas air dan menghilangkan zat berbahaya.
  4. Kontrol Kualitas Air: Rutin periksa pH, suhu, dan tingkat amonia air untuk memastikan kondisi yang sehat bagi ikan.
  5. Pemberian Makan yang Seimbang: Beri makan ikan dengan porsi yang sesuai dan jenis pakan yang tepat, hindari overfeeding yang dapat merusak keseimbangan kolam.
  6. Bersihkan Pompa Air: Pastikan pompa air berfungsi dengan baik. Bersihkan pompa secara teratur dari kotoran yang mungkin menyumbat.
  7. Bersihkan Skimmer: Bersihkan skimmer dari kotoran dan daun secara rutin. Periksa apakah skimmer berfungsi sebagaimana mestinya.
  8. Pastikan Bottom Drain Tidak Tersumbat: Seperti kotoran lumpur atau kotoran. Bersihkan secara berkala untuk menjaga sirkulasi air yang lancar.
  9. Tangguk Ikan: Amati kesehatan ikan secara rutin, dan tangani penyakit segera jika ditemukan. Jaga agar populasi ikan sesuai dengan kapasitas kolam untuk menghindari overpopulation.

Rekomendasi Filter untuk Kolam Ikan 

Jangan lupa untuk berkunjung ke blog Mitra10 untuk mendapatkan lebih banyak inspirasi desain interior dan tips untuk meningkatkan kenyamanan rumah Anda.

Follow juga social media Mitra10 agar Anda tidak ketinggalan info ter-update lainnya:

Instagram @mitra10_official
TikTok @mitra10_official
Twitter @mitra10.official

Belanja keperluan renovasi, bahan bangunan, dan perlengkapan rumah hanya di mitra10.com.

Download juga aplikasi Mitra10 di Playstore untuk berbelanja yang lebih mudah.