Kenapa Kompor Gas Tidak Mau Menyala? Cari Tahu 7 Penyebabnya!

kenapa kompor gas tidak mau menyala
8 December 2023

Ada kalanya kompor gas tidak selalu menyala dengan lancar. Mungkin Sahabat Mitra10 bisa pernah mengalami kompor gas yang tidak bisa menyala. Nah, artikel ini akan mengupas tuntas tentang kenapa kompor gas tidak mau menyala. Simak artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu Kompor Gas? Bagaimana Cara Kerjanya?

Kompor gas adalah perangkat memasak yang menggunakan gas sebagai bahan bakar. Gas yang umum digunakan termasuk gas alam (metana) atau LPG (Liquefied Petroleum Gas). 

Cara kerjanya melibatkan pengaturan aliran gas dan pembakaran di dalam tungku kompor. Gas disalurkan ke kompor melalui pipa gas atau tabung. Pengguna mengatur intensitas api dengan tombol pengatur api, yang mempengaruhi jumlah gas dan intensitas api. Percikan listrik menyulut gas saat tombol ditekan. Setelah menyala, api digunakan untuk memasak. 

Penyebab Kompor Gas Tidak Mau Menyala

Sumber: Freepik

1. Pipa Gas Tersumbat

Sumbatan pada pipa gas, seperti kotoran atau endapan korosi, dapat menghambat aliran gas ke kompor. Inilah kenapa kompor gas tidak mau menyala.

Oleh sebab itu, pastikan secara berkala membersihkan pipa gas dan periksa keberlanjutan aliran gas dengan menguji pipa menggunakan alat yang sesuai.

2. Kompor Lembab Terkena Air

Salah satu alasan kenapa kompor gas tidak mau menyala adalah kompor yang lembab dan terkena air. Air yang tumpah pada tungku kompor dapat memadamkan api secara otomatis.

Saat dihidupkan kembali, api sulit menyala karena masih ada sisa-sisa air di dalam tungku. Pastikan menyimpan kompor di ruangan kering dengan sirkulasi udara baik untuk menghindari masalah ini.

3. Pemantik dan Knob Kompor Gas Tidak Berfungsi

Jika pemantik dan knob kompor gas tidak berfungsi, ini dapat menjadi penyebab utama ketidakmampuan kompor untuk menyala. Pemeriksaan kondisi pemantik api perlu dilakukan untuk memastikan apakah ada sumbatan atau kerusakan.

Jika pemantik terlihat tersumbat, membersihkan kotorannya dapat menjadi solusi. Namun, jika pemantik tidak rusak atau tidak tersumbat, kemungkinan besar perlu penggantian dengan yang baru untuk memulihkan fungsinya. Ini adalah langkah penting untuk memastikan keandalan kompor gas Anda.

4. Selang Bocor

Kebocoran pada selang dapat menjadi penyebab kenapa kompor gas tidak mau menyala. Selang bertanggung jawab mengalirkan gas dari tabung elpiji ke kompor. Cek kebocoran dengan mencium bau khas gas yang menyengat di sekitar dapur.

Jika terdeteksi, kemungkinan ada kebocoran pada selang. Gantilah selang yang bocor dengan yang baru segera untuk menjaga keamanan dan memastikan kelancaran aliran gas ke kompor.

5. Regulator Gas Rusak

Regulator gas yang rusak bisa menjadi penyebab utama kesulitan kompor gas menyala. Regulator bertanggung jawab untuk mengatur tekanan gas yang mengalir ke kompor.

Untuk memastikan kelancaran aliran gas, lakukan pemeriksaan rutin pada regulator. Jika terdeteksi kerusakan, gantilah regulator yang rusak dengan yang baru.

6. Terdapat Kotoran dan Kerak

Kompor gas yang tercemar, terutama pada bagian tungku, dapat menjadi penyebab utama kenapa kompor gas tidak mau menyala.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan kompor secara teratur dari kotoran dan kerak. Dengan membersihkan kompor secara menyeluruh, Anda dapat memastikan aliran gas yang lancar dan menghilangkan hambatan yang dapat menghambat proses penyalaan.

7. Gas Habis atau Kosong

Gas habis atau tabung kosong dapat menjadi alasan utama kenapa kompor gas tidak mau menyala. Pastikan pasokan gas mencukupi dan periksa tabung gas untuk memastikan tidak kosong. Gantilah tabung gas yang kosong dengan yang baru untuk memastikan kelancaran aliran gas ke kompor.

Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Menyala

Setelah mengetahui kenapa kompor gas tidak mau menyala, berikut adalah langkah-langkah praktis cara mengatasi kompor gas yang mati tiba-tiba:

  1. Periksa Pasokan Gas: Pastikan ada pasokan gas yang cukup dan tabung tidak kosong. Gantilah tabung gas jika perlu.
  2. Cek Pemantik dan Knob: Periksa pemantik dan knob kompor untuk memastikan fungsionalitasnya. Bersihkan pemantik dari kotoran jika terdapat sumbatan.
  3. Perhatikan Selang Gas: Cek selang gas untuk memastikan tidak ada kebocoran. Jika terdeteksi bau gas, segera ganti selang yang bocor.
  4. Bersihkan Bagian Tungku: Kompor yang kotor dapat menyebabkan masalah. Bersihkan bagian tungku dari kotoran dan kerak untuk memastikan aliran gas lancar.
  5. Periksa Regulator Gas: Pemeriksaan regulator gas diperlukan. Ganti regulator yang rusak agar tekanan gas tetap optimal.

Tips Merawat Kompor Gas

Sumber: Istockphoto

  1. Bersihkan Secara Rutin: Hapus kotoran dan sisa makanan pada bagian tungku dan gril untuk menjaga kelancaran aliran gas.
  2. Cek Selang Gas: Lakukan pemeriksaan berkala pada selang gas untuk memastikan tidak ada kebocoran. Ganti selang yang rusak atau aus.
  3. Perhatikan Pemantik dan Knob: Pastikan pemantik berfungsi dengan baik dan knob dapat diatur dengan lancar. Bersihkan pemantik dari kotoran.
  4. Lindungi dari Kelembaban: Simpan kompor di tempat kering untuk mencegah korosi dan memastikan kinerja yang optimal.
  5. Ganti Regulator Secara Berkala: Jika kompor dilengkapi regulator gas, ganti secara berkala untuk menjaga tekanan gas yang stabil.

Rekomendasi Kompor Gas Terbaik

Selain memahami kenapa kompor gas tidak mau menyala, Sahabat Mitra10 juga perlu memiliki kompor gas yang berkualitas loh. Sedang mencari kompor gas dengan kualitas terbaik? Temukan rekomendasinya dari Mitra10 berikut:

Jangan lupa untuk berkunjung ke blog Mitra10 untuk mendapatkan lebih banyak inspirasi desain interior dan tips untuk meningkatkan kenyamanan rumah Anda.

Follow juga social media Mitra10 agar Anda tidak ketinggalan info ter-update lainnya:

Instagram @mitra10_official

TikTok @mitra10_official
Twitter @mitra10.official

Belanja keperluan renovasi, bahan bangunan, dan perlengkapan rumah hanya di mitra10.com.

Download juga aplikasi Mitra10 di Playstore untuk berbelanja yang lebih mudah.