Kenali Perbedaan TV Analog dan Digital Sebelum Membelinya

perbedaan tv analog dan digital
1 November 2023

Kenali Perbedaan TV Analog dan Digital Sebelum Membelinya

Rencana pengalihan siaran TV analog ke digital pemerintah Indonesia membuat banyak orang berganti ke TV digital. Lantas, sudah tahukah Anda tentang perbedaan TV analog dan digital?

Sering kali orang yang berpindah dari TV analog ke TV digital kesulitan memahami teknis dari perangkat elektronik tersebut.

Untuk itu, perlu diketahui pemahaman dasar seputar perbedaan TV analog dan digital bagi Anda yang ingin beralih teknologi. Agar tidak bingung, mari simak informasi singkatnya di bawah ini.

Perbedaan TV Analog dan Digital

Sebelum masuk ke penjabaran tentang beda TV analog dan digital, Anda perlu tahu apa itu yang disebut TV analog dan TV digital,

TV analog adalah perangkat televisi yang menggunakan sistem analog, yaitu mengkodekan informasi secara visual dengan beragam voltase dan frekuensi sinyal.

Adapun TV digital adalah siaran TV yang sudah tidak lagi menggunakan kode, namun sinyal digital yang didukung oleh sistem kompresi.

Berikut adalah perbedaan TV analog dan digital yang dapat membantu Anda memahami masing-masing perangkat elektronik tersebut dengan baik:

1. Ukuran

Hal pertama yang menjadi pembeda TV analog dan digital adalah ukurannya. Pada dasarnya, TV analog terlihat lebih besar dan memakan banyak ruangan daripada TV digital.

Ada alasan tertentu yang membuat TV analog berukuran lebih besar. Hal tersebut dikarenakan penggunaan tabung sinar katoda untuk menampilkan gambar.

Di sisi lain, TV digital yang merupakan penemuan teknologi baru menggunakan layar panel datar dan memiliki variasi ukuran lebih banyak, mulai dari 30 inci hingga 60 inch.

Adapun beberapa perangkat yang mengawali penemuan TV digital dengan layar kecil adalah LED, LCD, dan Plasma.

2. Sinyal

Perbedaan TV analog dan digital kedua dan yang utama adalah penerimaan sinyal TV. Untuk TV analog, pengiriman sinyal cenderung dibatasi karena hanya bisa diterima melalui antena UHF.

Keterbatasan ruang gerak tersebut membuat TV analog sering kali mengalami gangguan, distorsi, dan lain sebagainya.

Adapun TV digital sendiri memiliki keunggulan, yaitu memproses sinyal analog dan digital dengan baik.

3. Kualitas Gambar

Salah satu hal yang beda dari TV analog dan digital adalah kualitas gambar yang ditampilkan pada masing-masing perangkat.

Untuk TV analog, kualitas gambar standar karena bandwidth yang terbatas dan tidak bisa ditingkatkan lagi.

Sementara itu, kualitas gambar pada TV digital lebih jernih karena menggunakan bandwidth yang lebih luas.

Adapun resolusi pada TV digital sendiri dimulai dari format 16:9 dengan kualitas gambar mulai dari HD (High Definition) sampai 4K.

4. Kualitas Suara

Selain kualitas video, aspek suara juga menjadi faktor pembeda TV analog dan digital yang perlu diperhatikan.

TV analog sendiri dimulai dengan suara mono yang kemudian meningkat menjadi stereo dua saluran.

Adapun TV digital dengan teknologinya yang lebih modern bisa mendukung lima saluran audio di samping menyediakan saluran bass dan subwoofer.

5. Pemancar TV

TV analog adalah teknologi lama yang efektivitas siarannya bergantung pada jarak antena penangkap dari stasiun pemancar televisi.

Semakin lemah sinyalnya, maka gambar yang ditayangkan oleh TV analog pun akan semakin buram, bahkan terlihat seperti kerumunan semut.

Berbeda dengan TV analog, TV digital tidak mempunyai masalah dekat jauhnya jarak antena dan stasiun sehingga kualitas gambar yang ditayangkan pun sama saja di mana pun Anda berada.

6. Konsumsi Daya

Mengingat TV analog membutuhkan energi besar, konsumsi dayanya pun juga lebih besar jika dibandingkan dengan TV digital.

7. Fitur

Dari segi fitur, TV analog jelas kalah dari TV digital. Tidak ada fitur yang disediakan di TV analog. Jadi, perangkat elektronik ini hanya bisa digunakan untuk menonton saluran TV saja.

Sedangkan pada TV digital, terdapat banyak fitur yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan hiburan Anda, seperti aplikasi streaming Netflix, HBO, Prime Video, dan lain sebagainya.

Itulah perbedaan TV analog dan digital yang perlu diketahui sebelum Anda beralih ke teknologi digital tersebut.

Agar dapat menikmati program hiburan dengan nyaman, pilihlah TV digital yang paling tepat untuk ditempatkan di ruang santai Anda.

Untuk itu, jangan ragu berbelanja di Mitra10. Temukan beragam TV digital berkualitas untuk kebutuhan rumah tangga Anda.