Wastafel Dapur Stainless Steel: Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui

Wastafel Dapur Stainless Steel
20 January 2023

Ada alasan (sebenarnya ada beberapa alasan) bahwa wastafel dapur stainless steel sangat populer. Di artikel ini terjabarkan semua yang perlu Sahabat Mitra10 ketahui tentang peralatan dapur ini yang memiliki banyak tugas sehingga Anda dapat membuat keputusan tepat.

Stainless steel adalah bahan wastafel dapur paling populer di rumah dan dapur komersial, dan untuk alasan yang sangat bagus: bak cuci stainless steel tahan lama, perawatan rendah, tahan panas dan noda, terjangkau, dan tahan terhadap mengelupas dan retak.

Jika Sahabat Mitra10 sedang mempertimbangkan wastafel stainless steel, baca panduan ini terlebih dahulu untuk menjawab semua pertanyaan dan mengklarifikasi terminologi yang menyertai wastafel dapur yang luar biasa ini.

Pro dan Kontra dari Wastafel Stainless Steel

Seperti setiap bahan wastafel, stainless steel memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dari Stainless Steel

Tahan Lama

Dalam hal wastafel dapur, daya tahan adalah salah satu kualitas yang paling diinginkan. Lagi pula, bak cuci ini dapat digunakan sehari-hari, yang berarti keausan. Jika bahannya tidak tahan lama, wastafel harus diganti berulang kali, sehingga harganya mahal. Wastafel stainless steel tahan lama dan bisa bertahan selama beberapa dekade. Orang-orang menemukan bak cuci stainless steel sebagai pilihan yang lebih keras dan lebih tangguh daripada bahan bak cuci lainnya di pasaran.

Mudah Dirawat

Sebelumnya di artikel ini juga telah membahas tentang bagaimana bak cuci stainless steel membutuhkan perawatan yang rendah. Namun sebagai tambahan, mudah dibersihkan. Berlawanan dengan namanya, wastafel stainless dapat ternoda – namun, Anda dapat dengan mudah menghilangkan noda tersebut. Kemudahan pembersihan adalah atribut penting dalam penataan dapur, mengingat aktivitas yang terjadi – dan pentingnya memiliki dapur bersih.

Terjangkau

Selain daya tahannya, wastafel stainless steel hadir dengan harga yang terjangkau, yang menjadikannya pilihan yang menarik bagi orang-orang dengan kebutuhan anggaran berbeda. Apakah Sahabat Mitra10 mencari wastafel ramah di kantong yang akan melayani Anda selama bertahun-tahun? Atau yang akan menyatu dengan semua aksesori dan tema dapur Anda tanpa perlu banyak perbaikan? Maka wastafel stainless steel adalah pilihan terbaik. Ada juga aspek pemeliharaan. Wastafel ini tidak membutuhkan perawatan yang mahal seperti wastafel lain, menghemat banyak biaya.

Berbagai Pilihan

Jangan biarkan harga wastafel stainless steel yang terjangkau membuat Anda berasumsi bahwa wastafel tersebut kusam dan membosankan. Wastafel stainless steel stylish dan menarik. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, ketika hanya dipasang di properti sewaan dan garasi, wastafel ini sekarang menjadi bagian dari dapur kelas atas. Selain itu, wastafel stainless steel hadir dengan fitur yang lebih unik dan banyak pilihannya.

Ramah Lingkungan

Dapat didaur ulang; banyak yang terbuat dari bahan daur ulang. Jika Sahabat Mitra10 adalah orang yang peduli terhadap lingkungan, maka wastafel stainless steel adalah pilihan terbaik. Karena wastafel stainless steel dapat didaur ulang, ini adalah produk ramah lingkungan yang ideal untuk wastafel dapur. Selain itu, karena bak cuci bertahan selama bertahun-tahun, menghilangkan kebutuhan untuk menggantinya dari waktu ke waktu, dan sangat menghemat.

Selain lima kelebihan diatas, wastafel stainless steel untuk dapur juga memiliki properti:

  • Harapan hidup panjang
  • Tahan panas dan noda
  • Tahan terhadap retak, terkelupas, dan keausan dini.
  • Sifat antibakteri; mudah desinfeksi

Kekurangan dari Stainless Steel

  • Mungkin tergores atau penyok
  • Rawan bercak air tanpa perawatan yang tepat
  • Pilihan warna terbatas

Terminologi untuk Wastafel Stainless Steel

Untuk membantu Anda memecahkan semua pertanyaan tentang bak cuci, pada bagian ini terdapat istilah stainless steel ke dalam penjelasan yang ramah untuk orang awam sehingga Sahabat Mitra10 dapat membandingkan bak cuci dan mengetahui apa yang bisa di dapatkan.

Apa itu Pengukur Kadar Stainless Steel?

Kata "pengukur" dalam kaitannya dengan stainless steel mengacu pada ketebalan baja. Kebanyakan wastafel stainless steel menggunakan baja ukuran 16 hingga 22. Semakin rendah angkanya, semakin tebal bajanya. Sebagai perbandingan, baja 16-gauge memiliki ketebalan 0,0625″, sedangkan baja 22-gauge memiliki ketebalan 0,0313″ – kurang dari setengah!

Wastafel dengan ukuran lebih rendah lebih tahan lama dan memiliki harapan hidup yang jauh lebih baik. Wastafel yang lebih tipis lebih rentan terhadap penyok dan kerusakan dan akan bergema saat mencuci piring. Wastafel ukuran 16 atau 18 menggunakan baja berkualitas tinggi.

Apa itu Kelas Stainless Steel?

Kelas stainless steel menunjukkan persentase kromium dan nikel yang terkandung dalam baja. Stainless 18/8, misalnya, mengandung 18% kromium dan 8% nikel, rasio yang sangat baik untuk ketahanan noda. Semakin tinggi angka grade, semakin baik baja tersebut.

Apa itu Seri Wastafel Stainless?

Seri bak cuci terkait dengan nilainya. Cari stainless steel seri 300; 304 adalah yang paling banyak digunakan, dengan grade 18/8. Seri umum lainnya adalah 316, dengan stainless steel kelas 18/10. Trik berbelanja: pegang magnet ke wastafel. Jika menempel, itu bukan seri 300.

Berapa Radius Rak Cuci?

Ini mengacu pada sudut interior wastafel. Wastafel dengan radius nol memiliki sudut 90 derajat di semua sudut untuk tampilan yang tajam dan modern. Sudut-sudut ini sulit dibersihkan; alternatif yang baik adalah wastafel dengan radius kecil (yaitu 1/2″ radius), yang memiliki dinding datar dan memberikan kesan persegi, meskipun sudutnya sedikit lebih melengkung untuk akses yang lebih mudah.

Teka Bak Cuci Piring 1 Lubang Dengan Sayap Pengering Stylo 1B 1D 10107018

Stainless Steel yang Stamp vs. Fold

Saat Anda melihat tulisan "stamp" atau "fold" di bak cuci, itu memberitahu Anda bagaimana bak cuci itu terbentuk. Wastafel stainless dibuat menggunakan dua metode berbeda:

  • Stamp, dimana baja dipanaskan dan dibentuk menggunakan cetakan, atau
  • Fold, ketika lembaran baja dipotong di sudut-sudutnya, lalu dilipat dan menyatu membentuk dinding wastafel. Wastafel lipat dianggap memiliki kualitas yang lebih baik karena ketebalan yang seragam di seluruh bak cuci, sesuatu yang dapat dikompromikan saat baja direntangkan untuk metode stamp.

Bagaimana Wastafel Stainless Steel Dikonfigurasi?

Karena stainless steel sangat populer, Sahabat Mitra10 pasti akan menemukan yang cocok untuk dapur Anda. Jika Anda secara teratur menumpuk piring, menggunakan peralatan masak atau peralatan memanggang yang besar, atau memasak dalam jumlah banyak, wastafel stainless steel mangkuk tunggal mungkin merupakan pilihan terbaik; jika Anda lebih suka mangkuk terpisah untuk piring kotor dan persiapan makanan, cobalah wastafel stainless steel mangkuk ganda. Sahabat Mitra10 bahkan mungkin menginginkan wastafel tiga mangkuk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Wastafel dapur sangat serbaguna yang tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari bulat hingga persegi panjang, mangkuk berbentuk, hingga persegi, dan bentuk baru untuk setiap dapur.

Banyak wastafel stainless steel menyertakan fitur untuk memudahkan persiapan dan pembersihan makanan; cari wastafel meja dapur atau yang memiliki papan pembuangan terintegrasi untuk efisiensi ekstra. Pilihannya hampir tidak terbatas.

Finish Apa yang Tersedia untuk Bak Cuci stainless steel?

Finish untuk wastafel sebagian besar adalah masalah preferensi. Pilihan yang paling umum adalah:

  • Finish glossy seperti cermin: ekstra mengkilap tanpa butiran yang terlihat, cantik tetapi paling rentan terhadap goresan dan bintik air yang terlihat
  • Finish matte: lebih kusam, menyamarkan goresan
  • Finish satin: opsi paling populer, berkilau tapi tidak terlalu mengkilap
  • Finish bertekstur: menyembunyikan kerusakan, tetapi mungkin sulit dibersihkan

Karena stainless steel secara alami menghasilkan suara nyaring dan memperkuat suara piring dan peralatan perak yang berdenting, banyak bak cuci berkualitas tinggi dilengkapi bantalan peredam suara di bagian bawah bak cuci.

Berapa Harga Wastafel Stainless Steel?

Stainless steel adalah salah satu bahan wastafel yang paling terjangkau. Anda dapat menemukan wastafel stainless steel berkualitas dengan harga di bawah 1 juta; tergantung pada ukuran, merek, dan faktor lainnya, wastafel stainless steel dapat berharga beberapa jura, tetapi sebagian besar harganya terjangkau dengan banyak pilihan untuk setiap budget.

Cara Merawat Wastafel Stainless Steel

Meskipun goresan wastafel stainless steel tidak jarang terjadi, bekas lecet biasanya mudah dilunakkan dan akhirnya menjadi bagian dari pola dan butiran unik wastafel.

Wastafel stainless steel umumnya paling mudah dirawat, tidak memerlukan perawatan atau pembersih khusus. Namun, masa pakai wastafel stainless steel Anda dapat ditingkatkan dengan perawatan yang tepat (dan mudah!) dan sedikit perhatian terhadap detail; pertahankan dengan baik untuk memperpanjang harapan hidupnya dan menjaganya tetap terlihat baru dan berkilau selama mungkin.

Agar wastafel stainless steel Anda tetap dalam kondisi prima, ikuti aturan berikut:

Lakukan

  • Lap dan keringkan wastafel dengan kain lembut setelah digunakan (idealnya) untuk menghindari noda air
  • Bilas wastafel setelah digunakan untuk mencegah partikel makanan menempel
  • Bersihkan wastafel secara menyeluruh setidaknya seminggu sekali dengan sabun atau pembersih wastafel stainless steel dan spons atau lap non-abrasif; bilas sampai bersih untuk menghilangkan semua residu pembersih
  • Selalu bersihkan dengan seratnya (pola wastafel), bukan melawannya
  • Gunakan kisi-kisi wastafel stainless steel (bukan alas karet, yang dapat menyebabkan pewarnaan) untuk melindungi dasar wastafel dari goresan dan bantingan; banyak bak cuci memiliki kisi-kisi berukuran khusus agar pas

Jangan Lakukan

  • Membiarkan kaleng logam atau partikel makanan tetap bersentuhan lama dengan permukaan bak cuci
  • Menggunakan pisau untuk memotong langsung pada permukaan stainless
  • Membiarkan produk pembersih atau spons basah mengering di wastafel; dapat mempengaruhi finish stainless steel
  • Bersihkan dengan bahan abrasif seperti sabut baja atau sikat kawat – hanya gunakan bantalan pembersih yang tidak menggores
  • Menggunakan pembersih berbasis pemutih, yang dapat menimbulkan korosi pada baja
  • Menyimpan wadah terbuka berisi pembersih atau bahan kimia seperti asam, pemutih, natrium klorida, alkali, pembersih mangkuk toilet, pembersih saluran air, atau produk penghilang noda air sadah di bawah bak cuci

Nah, sekarang setelah Sahabat Mitra10 dipersenjatai dengan informasi penting ini, pergilah ke Mitra10 terdekat dan temukan wastafel pilihan Anda. Selain itu, Sahabat Mitra10 juga bisa belanja melalui mitra10.com

Nikmati memiliki ketenangan pikiran mengetahui bahwa Sahabat Mitra10 telah membuat keputusan yang tepat. Follow Instagram dan TikTok Mitra10 untuk inspirasi renovasi atau belanja kebutuhan rumah Anda!